stifler's Blog



KELAS BERSARANG

Bahasa pemrograman Java memungkinkan Anda untuk mendefinisikan kelas dalam kelas lain. Seperti kelas disebut kelas nested
kelas OuterClass {

kelas NestedClass {

}
}

Terminologi: Digabung kelas dibagi menjadi dua kategori: statis dan non-statis. Nested kelas yang dideklarasikan statis hanya disebut kelas bersarang statis. kelas bersarang Non-statis disebut inner class.

kelas OuterClass {

statis kelas StaticNestedClass {

}
kelas InnerClass {

}
}

Sebuah kelas bersarang adalah anggota kelas yang melampirkan. kelas bersarang Non-statis (kelas dalam) memiliki akses kepada anggota lain dari kelas melampirkan, bahkan jika mereka dinyatakan pribadi. statis kelas bersarang tidak memiliki akses kepada anggota lain dari kelas melampirkan. Sebagai anggota OuterClass, sebuah kelas bersarang dapat dideklarasikan swasta, publik, dilindungi, atau paket swasta. (Ingat bahwa hanya luar kelas dapat dideklarasikan publik atau paket swasta).
Mengapa Menggunakan Kelas Bersarang?
Ada beberapa alasan kuat untuk menggunakan kelas bersarang, di antaranya:

* Ini adalah cara logis pengelompokan kelas yang hanya digunakan di satu tempat.
* Meningkatkan enkapsulasi.
kelas Nested * dapat menyebabkan kode lebih mudah dibaca dan dipelihara.

pengelompokan logis dari kelas-Jika kelas berguna hanya satu kelas lain, maka adalah logis untuk menanamkan dalam kelas itu dan menjaga dua bersama-sama. Bersarang “kelas pembantu” seperti membuat paket mereka lebih efisien.

Peningkatan enkapsulasi-Pertimbangkan dua kelas tingkat atas, A dan B, dimana B membutuhkan akses kepada anggota A yang lain akan dinyatakan pribadi. Dengan bersembunyi di dalam kelas B kelas A, anggota A dapat dideklarasikan swasta dan B dapat mengaksesnya. Selain itu, B sendiri dapat disembunyikan dari dunia luar.

Lebih mudah dibaca, kode dipelihara-Nesting kelas kecil di dalam kelas tingkat atas tempat kode lebih dekat ke mana ia digunakan.
Kelas Bersarang Statis
Seperti dengan metode kelas dan variabel, kelas bersarang statis dikaitkan dengan kelas luarnya. Dan seperti metode kelas statis, kelas bersarang statis tidak dapat merujuk langsung ke variabel instan atau metode yang didefinisikan di kelasnya melampirkan – dapat menggunakannya hanya melalui referensi obyek.

Catatan: Sebuah kelas nested statis berinteraksi dengan anggota instance dari kelas luar (dan kelas-kelas lain) sama seperti kelas top-level lainnya. Akibatnya, sebuah kelas bersarang statis perilaku kelas tingkat atas yang telah bersarang di kelas lain top-level untuk kenyamanan kemasan.

Statis kelas bersarang diakses menggunakan nama kelas melampirkan:

OuterClass.StaticNestedClass

Misalnya, untuk membuat objek untuk kelas bersarang statis, gunakan sintaks ini:

OuterClass.StaticNestedClass nestedObject baru = OuterClass.StaticNestedClass ();


Trackbacks & Pingbacks

Komentar

  1. * Agung Rangga says:

    langsung dicoba praktek…😀

    | Balas Ditulis 5 years, 7 months ago


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: