stifler's Blog



Kebahagiaan

Acara “TV” paling menarik buat saya adalah YouTube. Dengan jaringan speedy dan notebook, kita bisa memilih begitu banyak acara yang kita sukai, film pendek, pembicara2 apik, lelucon, dan seterusnya. Kalau internet anda cukup cepat, cobalah 25 menit melihat ini: http://www.youtube.com/watch?v=9FBxfd7DL3E dimana Martin Seligman berbicara tentang kebahagiaan dalam acara Ted Conference. (Martin Seligman: Why is psychology good?)

Ada tiga tipe kebahagiaan, menurut Martin Seligman, pakar postive psychology, yang dapat anda check di YouTube.com. Menurut beliau ada Pleasure, Engagement, dan Meaning.

Kadang sebuah kebahagiaan yang terjadi karena sebuah aktifitas bisa mempunyai lebih dari satu karakter, bisa saja pleasure dan engagement dan meaning bersamaan datangnya.

Pleasure adalah kenikmatan, perasaan enak di tubuh kita, yang datang karena indera kita kena stimuli yang menyenangkan. Nikmatnya pijat ketika lelah, enaknya makan direstoran mahal, pemakaian obat terlarang, minuman keras yang memabokkan, diskotik yang hingar bingar, termasuk kenikmatan sexual.

Kebahagiaan tipe ini, pleasure, sering membuat kita selalu menginginkan lebih dan lebih, kita menjadi kecanduan, dan selalu ingin yang lebih lagi, lebih mahal, lebih enak, lebih banyak. Juga ada faktor semakin memudarnya nilai kenikmatan itu setelah kita lakukan berkali kali, seperti minuman keras baru akan memabokkan bila kita meminum lebih.

Kebahagiaan tipe kedua adalah Engagement, atau Keterlibatan yang Membahagiaakan. Disini waktu berhenti dan kita menikmati sekali apa yang kita lakukan. Keterlibatan ini terjadi ketika kita sangat ‘masuk’ dalam apapun yang kita lakukan. Dari perenang pada pertandingan olympiade; wiraswasta yang workaholic bekerja keras; orang yang sedang kasmaran; mahasiswa yang sedang mengejar waktu menyelesaikan tugas.

Engagement, oleh Mihaly Csikszentmihalyi  dari University of Chicago, diberi nama ‘Flow’. Riset panjang membuktikan bahwa orang yang mengalam Flow akan merasakan kebahagiaan dalam kehidupannya. Disana kita melupakan waktu, dan tidak terasa tiba2 sudah bekerja 9 jam nonstop.

Kebahagiaan tipe ketiga adalah Meaning, atau Arti Kehidupan. Orang yang menemukan arti kehidupan akan lebih merasa berbahagia walaupun dia tidak merasakan pleasure sebanyak orang kaya atau para selebrity yang hingar bingar hidupnya. Agama dan spiritualisme membawa kita menemukan arti diri. Kepuasan karena anak kita telah ‘jadi orang’, rasa damai karena semua orang yang kita cintai berbahagia dan sukses, kebahagiaan kita karena bisa berbuat baik untuk sesema manusia.

Pemahaman ini diharapkan dapat mencerahi kita untuk lebih dapat melihat dengan jernih apa sebenarnya yang membuat kita dapat berbahagia dalam kehidupan ini. Bagaimana meninggikan nilai kebahagiaan kita dan bagaimana memilih tidakan dan cara kita untuk hidup.

Nah, ketiga hal ini lah yang membentuk kata Happiness, atau Kebahagiaan, yang sebenarnya merupakan ujung dari pengejaran kita akan kehidupan ini. Apa yang akan anda lakukan untuk dapat mencapai “kebahagiaan anda”?

taken from, http://tanadisantoso.com/v50/MyBlog/


Trackbacks & Pingbacks

Komentar

  1. * hariez says:

    kebahagiaan yang alami adalah ketika dimana engkau menghasilkan jerih payah atau suatu karya yang asli milikmu ataupun ciptaanmu…

    nice post so keep blogwallking bro

    salam😀

    | Balas Ditulis 7 years, 6 months ago


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: