stifler's Blog



4P Syarat Sukses

Beberapa waktu lalu saya terserang flu yang cukup berat dan panjang. Pada masa itu saya harus ke Jakarta terus ke Bogor memberikan seminar ke Aneka Tambang. Perjalanannya cukup jauh dan melelahkan. Setelah sampai sana, saya harus dengan penuh semangat berbicara selama 4 jam. Setelah itu kembali ke Jakarta, terus terbang ke Semarang berseminar untuk Holcim. Besok paginya saya harus berbicara lagi di Surabaya. Padahal waktu itu flu saya cukup berat. Setelah selesai, saya kembali ke hotel, tidur. Memberikan istirahat yang cukup.

Nah, ini adalah salah satu dari 4 syarat sukses, kalau anda ingin meraih sukses dalam pekerjaan. Saya sebut ini sebagai 4P Syarat Sukses.

P yang pertama, sudah saya ceritakan sebagai illustrasi di atas, adalah profesionalism (profesionalisme). Yakni tepat waktu, melakukan persiapan walapun sakit. Asal masih bisa ditahan, ‘the show must go on’, karena sudah janji dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Profesionalisme kita dituntut untuk sebisanya memenuhi harapan pelanggan kita.

P yang berikutnya adalah Passion, kecintaan kita akan pekerjaan. Kalau kita punya passion, maka pekerjaan kita akan jauh terasa lebih ringan dan menyenangkan. Dan kita lebih menikmati waktu mempersiapkan dan melakukannya, bukan lagi sebagai beban.

Dan P yang ketiga adalah Personality (kepribadian). Kita harus cocok dengan pekerjaan kita. Meski begitu, kita harus berbeda dengan orang lain. Kita harus punya otentik sendiri yang berbeda dengan orang lain. Mungkin itu adalah kerendahan hati, mungkin sikap optimisme, mungkin sebuah keyakinan, mungkin sebuah keinginan menolong orang, mungkin rasa kerelaan berbagi ilmu sebanyak mungkin ke orang lain. Ini semua adalah contoh dari sebuah personality.

Dan P yang terakhir adalah Purpose atau tujuan. Tentu saja ini berbeda-beda tergantung pekerjaannya. Misalkan saya dalam memberikan seminar. Saya dalam memberikan seminar selalu memberikan 3 hal. Pertama, motivasi. Kedua, perubahan sudut pandang supaya anda bisa melihat dengan kacamata yang lebih benar. Yang ketiga adalah memberikan skillset atau ilmu yang dapat anda pakai untuk mencapai kesuksesan.

Maka 4P ini penting buat kita, supaya kita mau melakukan pekerjaan kita dengan lebih baik; profesionalism, passion, personality dan purpose.

taken from, http://tanadisantoso.com/v50/BusinessWisdom/


Trackbacks & Pingbacks

Komentar

  1. * dennyirawan87 says:

    Wah lumayan buat motivasi hdup aye nich…
    Tp tambahin spirit donk!
    Byar jadi 4p 1s
    Hehe

    | Balas Ditulis 7 years, 7 months ago


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: